Heatsink - Ilmu Jaringan

Berbagi Dan Belajar Bersama

Selasa, 26 Desember 2017

Heatsink

Heat Sink adalah alat yang berfungsi sebagai pendingin komponen penting dalam rangkaian elektronika seperti chipset, aisi dan processor dengan cara memindahkan panas dari aisi atau processor ke heatsink itu sendiri. 
Heat sink biasanya terbuat dari almunium dan dirancang berbentuk seperti sebuah sikat seperti melihat gambar di atas. Heatsink dibentuk seperti salah satu contoh di atas dengan alasan, jika heatsing memindahkan panas ke heatsink itu sendiri, maka semakin lebar ukuranya maka panas yang serap semakin banyak, tapi berhubungan agar hemat tempat kelebaran heat sink di potong dan diletakan secara vertikal dan disusun sedemikian rupa, logikanya jika almunium yang posisinya vertikal di letakan secara hirisontal diperlebar maka akan sangat lebar. Heat sink processor biasanya dilengkapi kipas atau fan supaya kipas dapat mendinginkan heat sink yang tersalurkan panas dari processor, cara tersebut dapat mendinginkan processor hingga sama dengan suhu ruangan.

HSF menjadi kebutuhan pokok dalam computer karena hampir semua komponen hardware computer di dalam casing menggunakan HSF masing-masing, mulai dari prosesor, VGA card, dn Harddisk yang berlomba-lomba memberikan fasilitas komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di pasaran.

Fungsi :
  • Pendingin pada hardware yang di atasnya diletakkan HSF.
  • Prosesor tidak akan berfungsi jika tidak ada heatsink fan di atasnya.
  • Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor saat bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya agar suhu pada prosesor tetap stabil.
  • Penjaga sirkulasi udara di dalam casing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar